Selasa, 13 November 2018

Keluarga Sosrobahu

Bentuk rumahnya sih biasa, seperti bentuk rumah gedung pada umumnya. Tetapi begitu masuk ke dalamnya, baru terihat aneh tata letaknya. Di dalam rumah itu, masih ada lima rumah lagi. Empat rumah saling berhadapan, dan satu rumah terbesar di ujungnya.

Begitu kita bertamu, di rumah Pak Sosrobahu itu. Mungkin, sebagian besar tamu akan ditemuinya di teras depan rumahnya, atau di teras samping rumahnya. Konon, kata orang yang pernah berkunjung ke rumah mewah dan megah itu. Katanya, teras belakang rumah lebih besar, lebih luas, karena menghadap langsung ke pekarangan. Tanah di belakang rumah itu penuh dengan tanaman sayur, juga tanaman buah-buahan.Juga ada kolam ikan atau empang, dan beberapa hewan peliharaan. Tentu saja, asisten rumah tangganya yang merawat semua itu.

Jika beruntung, orang yang bertamu... ditemuinya di ruang tamu yang bagaikan lobby president suit itu. Sangat beruntung lagi, jika tamu diajaknya ke meja makan. Menikmati berbagai macam masakan, yang disediakan para asisten rumah tangganya.

Pak Sosrobahu, memang dia seorang milyarder kaya raya. Pengusaha tambang batu bara, pengusaha batik tulis, dan pemilik beberapa swalayan, yang tersebar di seantero nusantara. Lelaki itu berumur 47 tahun, memiliki 4 istri... yang semua tinggal di rumah itu.Rumah yang di dalam rumah itu, masing-masing ditempati para istrinya.

Veronica istri pertamanya, berasal dari Sulawesi Utara. Probowati istri keduanya dari Semarang, Imas istri ketiganya dari Sumedang. Dan istri keempatnya, Saropah dari Pulau Madura. Mereka masing-masing tinggal di sebuah rumah, yang ada di dalam rumah besar Pak Sosrobahu. Dan... sebagaimana kehidupan keluarga Poligami pada umumnya, mereka tidak saling menyukai satu dengan lainnya. Veronica berkawan baik dengan Imas, dan Probowati mengajak berkomplot Saropah. Tetapi sebenarnya, mereka hanya bermusuhan di belakang layar. Jika mereka bertemu dalam satu meja makan, sandiwara muka manis pun mereka suguhkan. Mereka takut, jika permusuhan mereka terendus sang suami. Karena Pak Sosrobahau sudah mengancam, siapapun yang berkonflik di rumah itu harus keluar.

Tidak ada komentar:

Tehnik Membuat Paragraf Awal

Menulis cerita pendek membutuhkan teknik khusus. Kenapa? Kembali ke definisi, cerita pendek adalah cerita yang habis dibaca dalam sekali dud...