Jumat, 23 November 2018

Memahami Film

Judul Buku :Memahami Film
Pengarang :Himawan Pratists
Penerbit :Homerian Pustaka
Tahun Terbit :2008
Tebal Halaman :223 halaman

Awal dipinjami 'Buku Ini', rasanya langsung 'Gak Tertarik Banget Deh', gak tertarik untuk mengetahui apa isinya.Langsung underistimate. Karena sebagian besar orang (termasuk aku)... masih melihat film adalah sesuatu yang 'mustahil' dilakukan. Padahal film dapat dibuat oleh siapapun. Walaupun minat seseorang untuk belajar membuat film tinggi, namun kedalaman memahami seni film masih sangat terbatas.
Pengetahuan tentang film sebagai sebuah karya seni, masih berada di ruang-ruang kuliah semata. Padahal... film bukanlah milik para akademisi saja, melainkan milik semua orang yang hobi menonton.

Buku ini mencoba membantu penonton, untuk membaca film sebagai sebuah bentuk seni.
Melalui buku ini, pembaca akan belajar tentang motif, atas pilihan teknik, sutradara, baik dari sisi naratif maupun sinematiknya. Buku ini akan dengan mudah ditangkap pembacanya ditambah dengan gambar-gambar penunjang.

Kelebihan buku:
'Memahami Film' ini, mampu memberikan contoh-contoh dari setiap unsur pembentuk film, dengan disertai ilustrasi dan referensi film. Contoh-contoh tersebut akan memudahkan pembaca

Menjelaskan detail topik yang dibahas dalam buku seperti : Jenis dan Ciri Genre, Aspek Naratif, Struktur Tiga Babak dan Alternatif, Aspek Sinematik, Suara, dll.

Mampu membantu pembuat film baru, yang masih dalam tahap pengenalan alat-alat dan proses produksi film. Karena buku ini sangat ringan dan menuntun bagi pemula.

Kekurangan Buku :
Buku ini sangat susah didapatkan, bahkan di Gramedia jarang sekali menjualnya. Jika ingin mencari buku ini bisa membuka Instagram atau situs penyedia jasa jual buku.

#TantanganRCO4tahap2
#OneDayOnePost

Tidak ada komentar:

Tehnik Membuat Paragraf Awal

Menulis cerita pendek membutuhkan teknik khusus. Kenapa? Kembali ke definisi, cerita pendek adalah cerita yang habis dibaca dalam sekali dud...